kemenag

Milad BPKH ke-3, Wamenag Harap Sinergi dengan Kemenag Makin Kuat 

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) hari ini, Rabu (10/06),  memperingati Milad yang ke-3 tahun 1441H/2020M. 

Peringatan Milad ke-3 BPKH ini digelar secara virtual dan diikuti Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’di, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haidar Nasir, Ketua BPKH Anggito Abimayu, Anggota Dewan Pengawas dan keluarga besar BPKH.

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi mengucapkan Selamat Milad BPKH yang ke 3, dan berharap BPKH semakin berkah, berprestasi, kredibel, dan amanah. “Dalam kesempatan yang baik ini, saya mengajak kita semua untuk merenung, melakukan refleksi diri, dan membaca dari dekat hubungan kausalitas antara Kementerian Agama dan BPKH,” kata Zainut Taihud. 

“Hal ini akan menjadi penting bagi penguatan sinergi ke depannya antara BPKH dan Kemenag dalam tugasnya melayani umat berkenaan dengan urusan haji,” sambungnya di Kantor Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng Barat No 3-4 Jakarta Pusat.

Menurut Wamenag, setidaknya ada beberapa regulasi yang telah memberikan panduan hubungan sinergis antara BPKH dan Kementerian agama, yaitu UU No. 34 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji, dan UU No. 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah.

Kedua UU tersebut, lanjutnya, menempatkan BPKH dan Kementerian Agama memiliki irisan tugas dan fungsi yang penting untuk selalu dikoordinasikan. Dengan demikian, energi bersama ini dapat optimal dalam melayani umat secara efektif, efisien, dan produktif. 

Ia menjelaskan,  bagian umum dari penjelasan UU nomor 34 tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji (UU PKH) secara eksplisit mengatur bahwa PKH dilakukan dalam bentuk investasi yang nilai manfaatnya digunakan untuk peningkatan kualitas Penyelenggaraan Ibadah Haji, rasionalitas, dan efisiensi BPIH, juga untuk kemaslahatan umat Islam. 

“Kata investasi tersebut, mengamatkan tugas utama dari BPKH sebagai badan hukum publik yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden. BPKH diharapkan konsisten untuk fokus pada tugas utama tersebut,” harap Wamenag.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: