kemenag Pendidikan Islam

Moderasi Beragama akan Dikuatkan pada Mahasiswa Baru PTKIN

Malang (ikhlasberamalnews) —  Kementerian Agama akan mengantisipasi tumbuhkembangnya pemahaman keagamaan yang tidak moderat di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Salah satu caranya dengan memperkuat pemahaman moderasi beragama kepada mahasiswa baru.

Rencana ini dibahas bersama para Wakil Rektor/Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni PTKIN se-Indonesia saat mendisain Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). PBAK dinilai strategis karena menjadi ritus penyambutan mahasiswa baru di UIN, IAIN dan STAIN, serta PTKIS. Rakor ini berlangsung di Malang, 23-25 Juni 2019.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam Arskal Salim GP mengatakan, PBAK harus dijadikan momentum untuk mengenalkan bahkan menguatkan pemahaman moderasi beragama. “Di samping pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan PBAK menjadi pintu masuk agar mahasiswa baru paham dengan benar model keberagamaan yang moderat,” turur Arskal di Malang, Selasa (25/06).

Arskal berharap mahasiswa dikalangan PTKI mengenal sejak dini akan kajian-kajian keagamaan yang ramah dan berdimensi kemanusiaan. “Islam adalah agama yang rahmatan lil ‘alamin, karenanya dalam negara bangsa mahasiswa harus mampu menjadikan sebagai spirit untuk hidup damai di tengah pluralitas,” katanya.

Ketua Forum Wakil Rektor/Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni PTKIN se-Indonesia Waryono Abdul Ghofur menegaskan, desain PBAK di 58 PTKIN akan direvitalisasi dengan muatan-muatan moderasi beragama dan wawasan kebangsaan.

“PBAK menjadi sarana efektif memberikan lapisan bagaimana menjadi muslim Indonesia di tengah kebaragaman. PTKI harus menjadi teladan bagaima mendesiminasikan moderasi beragama,” kata Wakil Rektor UIN Sunan Kalijaga.

Kepala Seksi Kemahasiswaan Direktorat PTKI Ruchman Basori berharap mahasiswa PTKI tumbuh menjadi pribadi yang berkomitmen kepada agama sekaligus bangsa dan negara, bukan menjadi pribadi yang terbelah.

“Negara ini berharap banyak dari PTKI menjadi agent moderasi beragama untuk menyiapkan calon-calon pemimpin bangsa yang nasionalis-religius,” kata aktivis mahasiswa ’98.

Ruchman mensinyalir pintu-pintu yang dijadikan masuk bagi kelompok radikal dan intoleran adalah momen-moment seperti PBAK, Bimbingan Test Masuk PT, kajian-kajian di kampus dan beberapa organisasi kemahasiswaan. Pertemuan untuk mendesain model PBAK yang bermuatan moderasi beragama ini merupakan turunan dari amanat SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor: 4961 Tahun 2016 tentang Penelenggaraan PBAK dan SK Dirjen Nomor 102 tahun 219 tentang Standarisasi Keagamaan PTKI.

Di akhir pertemuan,  58 Wakil Rektor/Wakil Ketua III PTKIN se-Indonesia berkomitmen menjadikan PTKN sebagai garda terdepan dalam moderasi beragama. (RB)

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

This error message is only visible to WordPress admins

Error: No connected account.

Please go to the Instagram Feed settings page to connect an account.

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: