kemenag Pendidikan Islam

Pelepasan Santri Qotrun Nada, Menag Kenang Saat Nyantri di Gontor

Depok (ikhlasberamalnews) — Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menghadiri pelepasan 196 santri Pesantren Qotrun Nada Cipayung Jaya – Depok. Pelepasan santri atau Haflatul Wada’ ini dirangkai dengan peresmian gedung asrama santri baru. 

“Melihat para santri, saya jadi teringat peristiwa 36 tahun lalu. Rasanya baru kemarin. Tahun 83 saya seperti saudara,” kenang Menag Lukman di Depok, Minggu (14/04).

“Saya dulu nyantri di Pesantren Gontor, Ponorogo,” lanjutnya.

Menurut Menag,  moment pelepasan sejatinya bukan akhir proses pembelajaran. Haflatul Wada’ adalah momentum mengawali proses pencarian ilmu pada tahapan berikutnya yang lebih luas.

“Dengan selesai di pesntren, itulah awal mula menuntut ilmu yang lebih luas lagi. Terus semangat menuntut ilmu. Semakin berilmu, semakin rendah hati, arif dan bijaksana,” pesan Menag.

Bagi para santri yang ingin kuliah, kata Menag, ada sejumlah lembaga pendidikan keagamaan yang dibina oleh Kementerian Agama. Saat ini, ada 35 Ma’had ‘Aly atau pondok pesantren takhassus untuk mendalam ilmu keagamaan Islam di jenjang pendidikan tinggi. Sejak tiga tahun terakhir,  lulusannya sudah diakui setara perguruan tinggi umum, dengan gelar sarjana.

“Ma’had ‘Aly tersebar dari Aceh sampai Makassar. Masing-masing mendalami satu bidang program studi, antara lain: Alquran dan Tafsir, Fiqh, Ushul Fiqh, Tasawwuf, dan lainnya,” papar Menag.

Selain itu, ada juga Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Kemenag saat ini membawahi 58 PTKIN, terdiri dari tujuh Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN),  34 Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan 17 Universitas Islam Negeri (UIN).

Sebelumnya, Pengasuh Pesantren Qotrun Nada KH Burhanuddin Marzuki menyampaikan bahwa Haflatul Wada & Pelepasan Santri Akhir ini merupakan angkatan ke-17. Total ada 196 santri yang diwisuda setelah menyelesaikan seluruh tahapan pembelajaran, mulai rihlah,  amaliyatut-tadris,  ujian, hingga haflatul wada

“Acara ini sekaligus tasyakuran penggunaan gedung baru,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Menag memberikan bantuan pembangunan asrama santri senilai Rp100juta kepada KH Burhanuddin Marzuki.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

smallseotools.com

Follow me on Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: