kemenag

Pentingnya Penyerahan Diri Pada Hyang Widhi

Semeton dharma di manapun berada. Terimalah salam dharma dari saya, Om Swastyastu.

Atas asung kerta wara nugraha Hyang Widhi semoga semeton dharma selalu dalam keadaan sehat dan bahagia, sehingga dapat mengarungi kehidupan di dunia ini dengan baik.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membawakan renungan dharma dengan judul Pentingnya Penyerahan Diri Pada Hyang Widhi.

Kita semua mengetahui kondisi dunia saat ini, di mana pandemik Covid 19 telah menyebar hampir ke seluruh negara yang ada di dunia. Di balik pandemik Covid 19 ini, pasti ada sesuatu yang sangat berharga yang ingin disampaikan Hyang Widhi/TYME kepada kita umat manusia. 

Pandemik Covid 19 ini menyadarkan kita semua akan Kemahakuasaan Hyang Widhi/TYMK. Selama ini kita lebih sering melupakan Hyang Widhi, daripada mengingat Hyang Widhi. Dalam setiap tarikan napas kita, kita selalu melupakan Hyang Widhi. Walaupun kita sering melupakan Hyang Widhi, tetapi Hyang Widhi begitu mencintai, begitu menyayangi kita. Maka Hyang Widhi mengingatkan dan menyadarkan diri kita dengan sedikit kemahakuasaan-Nya.

Semeton dharma yang berbahagia,

Menurut Pustaka Suci Veda, di dunia ini kita mengalami empat penderitaan, yaitu Janma, Jara, Vyadhi dan Mrtyu. Janma atau kelahiran, Jara atau usia tua, Vyadhi atau sakit/penyakit dan Mrtyu atau kematian. Empat  penderitaan yang dialami oleh setiap mahluk hidup di dunia ini. 

Sekarang dunia ini sedang mengalami Vyadhi atau sakit. Karena itu, kalau kita tidak berhati-hati, waspada maka kita pun akan terkena penyakit. Penyakit yang sedang dunia alami saat ini yang disebabkan oleh virus Veda sebagai penyakit Adhibhautika klesa yaitu penyakit yang disebabkan oleh makhluk hidup lain, seperti binatang, serangga, bakteri, jamur, virus, amuba dan sebagainya. 

Pandemik Covid 19 atau Virus Corona saat ini membuat setiap negara yang ada di dunia ini berduka. Karena memang dunia ini menurut Veda adalah “DUHKHALAYAM ASAS-VATAM”, dunia ini tempat sementara dan penuh duka.   

Semeton dharma yang saya muliakan

“Duhkhalayam Asas-Vatam”, dunia ini tempat sementara dan penuh duka. Itulah sebabnya kewajiban utama dan hakiki setiap mahluk hidup di dunia ini adalah menyerahkan diri kepada Hyang Widhi, TYME, karena dengan penyerahan diri itulah kita akan mendapatkan anugerah, karunia Hyang Widhi/TYMK.

ye yatha mam prapadyante

tams tathaiva bhajamy aham

mama vartmanuvartante

manusyah partha sarvasah

Sejauh mana semua orang menyerahkan diri kepada-Ku, Aku menganugerahi mereka sesuai dengan penyerahan Diri-Nya itu. Semua orang menempuh jalan-Ku dalam segala hal, wahai putera Prtha.

Semeton dharma yang saya hormati,

Pandemi covid 19 ini mengetuk batin kita, dan menyadarkan semua panca indra kita untuk lebih dekat dan menyerahkan diri kepada Hyang Widhi. Karena dengan penyerahan diri, dengan mendekatkan diri kepada Hyang Widhi seraya berdoa kepadaNya maka penderitaan Klesa Covid 19 akan segera berlalu. 

Untuk itu saya mengajak semeton dharma untuk mendekatkan dan menyerahkan diri kepada Hyang Widhi, dan mengikuti anjuran Pemerintah, karena inilah dharma agama dan dharma negara bagi kita semua.

 

Om Santi Santi Santi Om.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: