kemenag

Perdana, Kemenag Bangka Selatan Punya Layanan Siskohat Mobile

Bangka Selatan (ikhlasberamalnews) — Layanan masyarakat di Kementerian Agama semakin beragam. Terbaru, hadir layanan siskohat mobile di Kantor Kemenag Bangka Selatan.

Penggunaan Siskohat Mobile di Kemenag Bangka Selatan ini diresmikan oleh Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Oman Fathurahman. Hadir dalam kesempatan ini, Bupati Bangka Selatan, Kakanwil Kemenag Babel, Kepala Kemenag Bangka Selatan dan jajarannya.

Ada lima layanan dalam aplikasi yan diharapkan akan memudahkan akses masyarakat, yaitu: pendaftaran calon haji reguler, penjemputan bagi calon jemaah haji reguler disabilitas, penerbitan rekomendasi umrah, penerbitan rekomendasi pembatalan haji regular, serta pusat informasi haji.

Inovasi ini diapresiasi oleh Plt Dirjen PHU karena sejalan dengan pengarusutamaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Menurutnya, ada enam arah pengarusutamaan kebijakan negara yang dirumuskan dalam RPJMN 2020-2024, salah satunya  adalah transformasi digital.  

Kehadiran Siskohat Mobile di Bangka Selatan ini merupakan salah satu perubahan dalam berbagai bentuk pelayanan kepada warga negara. “Layanan siskohat mobile ini bentuk transformasi digital di Kemenag. Nantinya akan diperluas dalam skala nasional. Itu akan menjadi etalase Kemenag dalam transformasi digital pelayanan publik. Ini bukan hal sederhana, tapi istimewa. Perlu kita apresiasi betul,” terang Oman di Bangka Selatan, Selasa (27/10).

Oman mengajak jajaran Kementerian Agama, khususnya yang membidangi layanan haji dan umrah untuk terus berinovasi. Menurutnya, salah satu inovasi yang sedang digagas Kemenag pusat adalah integrasi data. Kemenag saat ini sedang mengembangkan program satu data atau Mora One Search (MOS). 

“Ke depan, kita berharap semua data Kemenag bisa dicari oleh publik hanya melalui satu pintu saja,” tuturnya.

“Mari terus berinovasi. Semoga ini bisa istiqamah dan meningkatkan kualitas layanan Kemenag, khususnya di Bangka Selatan,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Plt Dirjen PHU memberikan penghargaan kepada Kepala Kankemenag Bangka Selatan Jamaluddin atas Inovasi Layanan Siskohat Mobile (SIstem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu Mobile)

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: