kemenag

Peringati Waisak, Permabudhi Ajak Umat Tingkatkan Kepedulian Sosial

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) mengajak umat Buddha meningkatkan kepedulian sosial dalam memperingati Hari Raya Tri Suci Waisak 2564 BE / 2020 M. Hal ini disampaikan Ketua Umum Permabudhi Arief Harsono dalam perayaan Tri Suci Waisak yang digelar secara virtual. 

“PERMABUDDHI mengajak semua umat Buddha untuk terus dapat meningkatkan kepedulian sosial demi keutuhan bangsa. Terlebih masa-masa sekarang bangsa Indoeseia dan seluruh dunia tengah dilanda pandemi Covid-19,” kata Arief Harsono, Kamis (07/05). 

Meningkatkan kepedulian sesama menurut Arief merupakan nilai yang sesuai dengan ajaran Buddha. Arief pun berharap perayaan Tri Suci Waisak di tengah pandemi Covid-19 tidak mengurangi kualitas penghayatan ajaran Buddha. 

“Semoga Penyelenggaraan Perayaan Hari Raya Trisuci Waisak di tengah pandemi Covid-19 tidak mengurangi kualitas dari penghayatan dan pelaksanaan ajaran Buddha yang menjadi semangat dalam setiap perayaan Trisuci Waisak,” kata Arief. 

“Kita semua penting tetap semangat dan optimis, Indonesia bisa melewati ini semua masa yang ada,” imbuhnya.

Permabudhi saat menyalarukan bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19 (foto: Istimewa)

Selain perayaan hari Raya Trisuci Waisak tahun 2020 secara virtual, Permabudhi juga melaksanakan bhakti sosial ditengah pandemic Covid-19. Berbagai perlengkapan medis, seperti masker, hand sanitizer, face shield, APD (Alat Pelindung Diri), disinfektan dan lainnya, didistribusikan melalui sejumlah rumah sakit dan komunitas tertentu yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Pelaksanaan bhakti sosial ini tentu telah memantuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah, seperti jaga jarak, cuci tangan dan berkoordinasi langsung dengan pihak yang membutuhkan. “Dalam melaksanakan aksi sosial, Permabudhi dibantu oleh sejumlah Majelis-Majelis Buddha dan kampus serta berbagai lembaga swadaya masyarakat yang ada di daerah,” tambah Arief Harsono.

Sementara itu, terkait pelaksanaan upacara ritual Trisuci Waisak tetap diselenggarakan di sejumlah vihara atau kuil melalui media online, sedangkan para umat mengikuti upacara dari rumah masing- masing. 

Menteri Agama Fachrul Razi dalam tayangan videonya menyampaikan apresiasi kepada seluruh umat Buddha yang menyelenggaraan perayaan hari raya Trisuci Waisak di rumah. 

“Keberadaan dan kebenaran dharma yang anda yakini senantiasa dapat menjawab segala perkembangan dunia. Umat Buddha meyakini segala persoalan hanya dapat diatasi hanya jika kita punya tekad untuk percaya dan melaksanakan Dharma Buddha,” kata Fachrul Razi.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: