kemenag

Persetujuan Setneg, Babak Baru Alih Status IAIN Jember menjadi UIN KH Achmad Siddiq

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Progres alih status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) mamasuki babak baru. Izin prakarsa penyusunan Rancangan Peraturan Presiden menjadi UIN telah disetujui Sektretariat Negara (Setneg).

Persetujuan tersebut tertuang dalam surat Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Surat tertanggal 12 November 2020 ini diserahkan Kementerian Sekretaris Negara kepada Rektor IAIN Jember Babun Suharto di Jakarta, Jumat (13/11). Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi turut hadir menyaksikan penyerahan surat bersejarah bagi perkembangan IAIN Jember ini.

Rektor IAIN Jember Babun Suharto bersyukur karena perjuangan dalam proses transformasi kelembagaan akan segera terwujud. Menurutnya, alih status bukan sekedar ganti nama. Lebih dari itu, transformasi cermin perubahan multidimensional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) untuk dapat berkontribusi lebih besar membangun kemajuan peradaban bangsa. Karenanya, Babun berharap agar semua proses alih status dapat berjalan dengan baik.

“Proses ke depan masih berlangsung. Kami mengharapkan doa dan dukungan dari seluruh masyarakat, terutama masyarakat Jember agar prosesnya dapat berjalan dengan baik sesuai rencana,” ungkap Babun yang juga Ketua Forum Pimpinan PTKIN.  

Dikatakan Babun, persiapan menuju perubahan bentuk kelembagaan ini terus dilakukan. Terbaru, IAIN Jember telah menggelar sayembara logo, hymne, dan mars. Secara akademik, IAIN Jember juga sudah menyiapkan filosofi keilmuan, konsep integrasi, penambahan dan pengembangan fakultas dan program studi, serta roadmap pengembangan kampus secara umum.

Di tengah suasana pandemi Covid-19 saat ini, kata Babun, tantangan mewujudkan Kampus Merdeka harus dapat dijawab oleh IAIN Jember, terutama menjelang proses menjadi UIN.  “Kami sedang menyiapkan perangkat perkuliahan yang kolaboratif, baik dengan lintas program studi, maupun lintas kampus, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Upaya-upaya tersebut juga didorong dengan peningkatan kualitas sumber daya akademik,” kata Babun.

Untuk nama, IAIN Jember akan menjadi UIN KH. Achmad Siddiq (KHAS) Jember. Babun mengaku telah mendapatkan persetujuan dari pihak keluarga KH Achmad Siddiq.

“KH Achmad Siddiq merupakan tokoh lokal Jember yang kiprahnya menasional. Beliau juga merupakan tokoh nasional dari kalangan ulama yang pertama menerima Pancasila sebagai asas tunggal ideologi Indonesia dan menjadi dasar negara,” kata Babun.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: