kemenag

Pertemuan Tingkat Menteri Agama MABIMS Bahas Rencana Keikutsertaan Kamboja

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Menteri Agama Fachrul Razi memimpin pertemuan virtual tingkat Menteri Agama negara Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura (MABIMS). Menurut Menag, ini adalah kali pertama dirinya bersilaturahmi dengan sejawat MABIMS paska dilantik oleh Presiden Jokowi pada Oktober 2019.

“Sangat tepat rasanya apabila pertemuan ini kita manfaatkan untuk bersilaturahim guna mendekatkan diri dan saling kenal untuk memudahkan kerjasama kita selanjutnya. Selain saling berkenalan, forum ini juga berbagi informasi tentang perkembangan sosial keagamaan di masa pandemi di negara masing-masing, termasuk penyelenggaraan haji dan umroh” kata Menag, Rabu (28/10).

Dalam pertemuan virtual yang berlangsung selama hampir dua jam tersebut juga dibahas terkait keinginan negara Kamboja untuk turut serta pada Senior Official Meetings (SOM) MABIMS yang akan digelar di Indonesia pada 2021 mendatang. 

Hadir dalam virtual meeting Pehin Udana Khatib Dato Paduka Seri Setia Ustaz Haji Awang Badruddin Bin Pengarah Dato Paduka Haji Awang Othman Menteri Hal Ehwal Ugama Negara Brunai Darusaalam, Timbalan Menteri di Jabatan Perdana Menteri Hal Ehwal Agama Negara Malaysia, Tuan Haji Ahmad Marzuki Bin Shaary serta Menteri Sekitaran dan Sumber Air Merangkap Menteri Bertangung Jawab Bagi Ehwal masyarakat Islam Singapura Tuan Haji Encik Masagos Mohamad.

Virtual meeting tingkat Menteri Agama Negara-Negara MABIMS ini juga diikuti oleh para pejabat kanan kementerian hal ehwal negara Mabims dan para pejabat eselon I dan II Kementerian Agama RI.

Pembahasan keinginan Kamboja bergabung di SOM MABIMS 2021 itu dipimpin Timbalan Menteri di Jabatan Perdana Menteri Hal Ehwal Agama Negara Malaysia, Tuan Haji Ahmad Marzuki Bin Shaary.

“Pertemuan maya ini sangat penting untuk kongsi pengalaman negara-negara Mabims. Pertemuan ini juga membahas panduan pengantar keinginan negara Kamboja untuk ikut serta pada SOM Mabims 2021 di Indonesia,” ujar Timbalan Menteri di Jabatan Perdana Menteri Hal Ehwal Agama Negara Malaysia, Tuan Haji Ahmad Marzuki Bin Shaary.

Dalam pertemuan informal dan silaturahmi antar Menteri Agama Negara MABIMS, para Menteri Agama juga diminta untuk saling mengenalkan profile diri dan menceritakan pengalaman dalam penanganan Covid-19 di negara masing-masing.

Menag Fachrul Razi pada kesempatan tersebut juga membacakan dua bait pantun sebagai bagian dari ‘Sunnah MABIMS’ untuk mempererat jalinan keakraban sesama Menteri Agama. Berikut pantun yang dibacakan Menag Fachrul Razi:

 

Virtual meeting kita setuju

Untuk berdiskusi hingga masalah hukum

Pertemuan MABIMS untuk prestasi maju

Kami mulai dengan ucapkan Assalamu’alaikum

 

Sampan nelayan mengarungi lautan

Mencari berkah Allah di atas muka bumi

Tuan-Puan, marilah kita jaga kesehatan

Sambil jalin persaudaraan dan silaturahmi

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: