Islam kemenag

Pesan Menag pada Malam Taaruf STQH: Junjung Tinggi Spirit Alquran

Pontianak (ikhlasberamalnews) — Sehari sebelum pembukaan Seleksi Tilawatil Quran dan Musabaqah Hadits (STQH) Tingkat Nasional XXV Tahun 2019 di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, digelar acara Malam Taaruf antara dewan hakim, seluruh kafilah, panitia, dan official. Malam Taaruf tersebut digelar di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Jl. Ahmad Yani, Pontianak, Jum’at (28/06).

Mewakili Menteri Agama, Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin berpesan agar Alquran dijadikan sumber inspirasi sepanjang penyelenggaraan STQH hingga kembali ke daerah masing-masing. Dirjen berharap, penyelenggaraan STQH benar-benar dilaksanakan dengan menjunjung tinggi spirit Alquran.

“Kemenangan dalam kejuaraan setiap kafilah memang penting. Tetapi lebih dari itu, menjaga nilai-nilai Alquran untuk diimplemetasikan dalam kehidupan sehari-hari jauh lebih penting,” katanya.

Dirjen menambahkan, STQH digelar agar kecintaan masyarakat terhadap Kitab Suci Alquran semakin meningkat. Hal tersebut, katanya, dapat ditindaklanjuti  melalui program pemberantasan buta aksara Alquran secara lebih massif, serta penyediaan dan pengembangan lembaga-lembaga kajian Alquran.

Dalam kesempatan itu, Dirjen mengingatkan semua kafilah agar motivasi mengejar gelar juara tidak mengaburkan tujuan utama STQH, yaitu memuliakan Kitab Suci Alquran.

“Untuk mendapatkan petunjuk dan rahmat Allah itu, maka umat Islam wajib menjadikan Alquran sebagai bacaan harian, sekaligus mempratikkan nilai-nilai yang dikandungnya dalam kehidupan sehari-hari dalam wujud sikap dan perilaku beragama yang moderat,” pungkasnya.

STQH Nasional XXV Tahun 2019  digelar di lima lokasi dari tanggal 27 Juni hingga 6 Juli 2019. Kelima lokasi tersebut adalah Alun Alun Kapuas, Tugu Khatulistiwa, Masjid Raya Mujahidin, Gedung Perpustakaan Pusat UNTAN, dan Masjid IAIN Pontianak. Hajat akbar pemuliaan Alquran ini dijadwalkan akan dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada 29 Juni 2019. (nhkurniawan/sigit)

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

This error message is only visible to WordPress admins

Error: No connected account.

Please go to the Instagram Feed settings page to connect an account.

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: