kemenag Pendidikan Islam

PMA Pendidikan Karakter Harus Perkuat Sinergi Keluarga dan Masyarakat

Bintaro (ikhlasberamalnews) — Kementerian Agama tengah membahas draft Rancangan Peraturan Menteri Agama (RPMA) tentang Penyelenggaraan Penguatan Pendidikan Karakter. Sesditjen Pendidikan Islam Imam Safei menggarisbawahi pentingnya kehadiran PMA ini dalam rangka memperkuat sinergi antara lembaga pendidikan, keluarga dan masyarakat.

Menurutnya, sinergi penguatan karakter harus dilakukan secara terpadu, baik di satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat. “Tiga tumpu pendidikan, yakni satuan pendidikan, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat harus dapat memberikan keteladanan yang baik. Lebih-lebih saat ini, tantangan media sosial sangat tinggi yang seakan-akan menghilangkan sekat-sekat lingkungan dalam bermasyarakat,” ungkapnya di Bintaro, Kamis (30/05).

Pembahasan RPMA ini berlangsung dua hari, 30-31 Mei 2019. Hadir dalam kesempatan itu, sejumlah pejabat di lingkungan Ditjen Pendidikan Islam, Biro Hukum Setjen Kementerian Agama, Kanwil Kementerian Agama Provinsi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

Selain sinergi, penguatan pendidikan karakter harus ditopang dengan empat prinsip strategis. Ada empat prinsip, yaitu: prinsip integrasi, pengembangan, keteladanan, dan pembudayaan. “Keempatnya harus menjadi elan vital dalam proses pembelajaran sehingga pendidikan karakter dapat termanivestasi dengan baik,” ungkapnya.

Sehubungan itu, Imam minta semua kalangan turut serta dan bersinergi dalam memfinalisasi RPMA ini. “Perlu dipikirkan bersama, bagaimana mengarahkan stakeholder pendidikan agar berfikir kreatif, inovatif, dan berjiwa inspiratif. Itu semua sudah seharusnya diarusutamakan,” ungkapnya.

“Saya minta semua kawan-kawan agar harus dapat bekerjasama dan sama-sama bekerja,” ujarnya. (S-1)

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: