kemenag

Pokja Moderasi Beragama Kemenag Dilibatkan dalam SKB CPNS Kominfo

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) melibatkan tim yang tergabung dalam kelompok kerja (pokja) moderasi beragama (MB) Ditjen Pendidikan Islam dalam tahapan wawancara Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS bidang penyiaran. SKB ini berlangsung satu bulan, 7 September sampai 8 Oktober 2020.

Tim dengan jumlah 32 personil ini bertugas mendampingi pewawancara utama untuk memperdalam perspektif kebangsaan CPNS. Karena pandemi, proses wawancara dilakukan secara dalam jaringan (daring). 

“Tim pewawancara sudah terlatih untuk mendeteksi, walaupun dalam proses wawancara tidak menanyakan secara tersurat. Melalui teknik dan wawancara tertentu, informasi yang diperolehnya insya Allah sesuai yang diharapkan,” kata Ketua Pokja Implementasi Moderasi Beragama Ditjen Pendidikan Islam, Aceng Abdul Aziz, di Jakarta, Jumat (18/09).

Pokja Implementasi Moderasi Beragama Ditjen Pendidikan Islam adalah tim kecil yang dibentuk Direktur Jenderal Pendidikan Islam melalui SK Nomor 2431 tahun 2018 yang pada awalnya ditugaskan untuk mengkoordinasikan dan mengimplementasikan moderasi beragama di lingkungan Pendidikan Islam. Tugas tim ini lalu diperluas sesuai kebutuhan, termasuk dalam perekrutan CPNS Guru maupun dosen. 

Kementerian Agama berkepentingan untuk terlibat dalam menguatkan wawasan kebangsaan SDM yang akan bekerja dan mengabdi kepada bangsa. “Jangan sampai personalia yang masuk ke jajaran pemerintahan justru malah membuat masalah baru,” kata Aceng Abdu Aziz yang juga salah satu Kasubdit pada Direktorat PD Pondok Pesantren. 

“Maka dari itu, kami sebenarnya berharap bahwa dalam perekrutan ASN di manapun, aspek ini menjadi penentu kelulusan tidaknya. Jika tidak sesuai yang diharapkan, maka dapat diberi nilai nol. Jadi sebagus apapun kemampuan dan kapasitasnya, jika komitmen kebangsaannya tidak kokoh, maka yang lainnya tidak punya makna,” harapnya lebih lanjut.

Sekretaris Pokja Anis Masykhur menambahkan, sembelum ditugaskan, tim MB Ditjen Pendis telah mendapat pembekalan khusus tentang memperkuat perspektif kebangsaan, menanamkan pola pikir (mindset) moderasi bahkan sampai pada pengetahuan bagaimana teknik penggalian informasinya. “Kami membekali tim tersebut dalam waktu tiga hari di akhir tahun 2019,” ujar Anis menceritakan. Wawancara dengan Kominfo ini akan berakhir pada tanggal 8 Oktober 2020. (N15)

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: