kemenag

PTSP Hadir di Kanwil Kemenag Jabar

PTSP Hadir di Kanwil Kemenag Jabar

  • Sabtu, 08 Desember 2018 15:39 WIB

foto : Rusydi

Bandung (Kemenag) — Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) kini hadir di Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat. Pembukaan PTSP ini diresmikan oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin. 

Pusat layanan Kementerian Agama  ini menjadi PTSP ke-22 yang dibuka setiap kantor wilayah provinsi. 

“PTSP dihadirkan dalam upaya Kemenag untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan,” kata Menag di Bandung, Sabtu (08/12).

“Dengan PTSP, publik diharapkan semakin merasa terlayani dengan lebih baik,” lanjutnya. 

Kakanwil Kemenag Jabar A Bukhori dalam laporannya mengatakan bahwa PTSP akan membuka 11 layanan terlebih dahulu. Salah satu layanan unggulannya adalag e-disposisi. 

“Muara layanan adalah disposisi. Dengan e disposisi, insya Allah kendala layanan bisa diatasi karena tata persuratan dan distribusi penugasan lebih efektif,” ujarnya. 

Adapun sepuluh layananan lainnya adalah pendaftaran haji khusus, permohonan informasi keagamaan, rekomendasi izin tinggal terbatas bagi warga asing, dan legalisasi ijazah. 

“Banyak lulusan Pendidikan Guru Agama (PGA) di Jabar. Dulunya, legalisasi dilakukan di sekolah,  sekarang di Kanwil,” jelasnya. 

Layanan lainnya adalah pengurusan izin belajar S1 bagi PNS, permohonan rohaniwan, permohonn audiensi, izin penelitian mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir, izin magang, dan tata persuratan.

“SOP nya, semua layanan rata-rata bisa diselesaikan di bawah satu jam,” tandasnya. 


Sumber : –

Penulis : Khoiron

Editor : Khoiron

Source link

About the author

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment



smallseotools.com

%d bloggers like this: