kemenag

Rawat Kerukunan, Kemenag Gelar Dialog Tokoh Agama dan Masyarakat di Sorong

Sorong (ikhlasberamalnews) — Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kementerian Agama menggelar Dialog Tokoh Agama dan Masyarakat/Adat di Sorong. Dialog yang menjadi bagian dari Program ‘Kita Cinta Papua’ ini dibuka Sekjen Kemenag, Nizar.

“Acara ini bagian dari perekat kerukunan khususnya di Papua dan Papua Barat, sekaligus untuk mencari solusi dalam merawat kerukunan demi sejuk dan sejahteranya Papua,” kata Nizar di Sorong, Minggu (29/11).

Dialog kerukunan ini akan berlangsung tiga hari, 29 November hingga 1 Desember 2020. Hadir, para tokoh agama, adat, dan masyarakat, perwakilan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Papua dan Papua Barat, Kankemenag se Papua Barat, dan Kemenag pusat.

Disampaikan Nizar, acara ini menjadi momentum penting dalam meneguhkan komitmen kebangsaan. Seluruh elemen bangsa dengan latar belakang agama, budaya dan bahasa yang majemuk disatukan oleh Pancasila. Pendiri bangsa mewarsikan Pancasila sebagai dasar negara untuk membentuk bangsa yang rukun, damai, dan sejahtera.

“Sebagai bangsa yang majemuk, kita harus terus menjaga kerukunan umat beragama. Salah satunya dengan dialog semacam ini,” tegas Nizar.

Menurut Nizar, menjaga kerukunan menjadi tanggungjawab bersama warga bangsa. “Tokoh adat dan agama menjadi modal berharga bagi bangsa Indonesia dalam mewujudkan kerukunan umat beragama,” kata Nizar.

Melihat wilayah geografis Indonesia yang cukup luas, lanjut Nizar, tugas penguatan kerukunan umat beragama tentulah bukan hal mudah. Dari bentangan ujung ufuk Barat hingga ufuk Timur, dari Papua hingga Aceh harus terajut jembatan kesetiakawanan dan persaudaraan antar anak bangsa, dengan terus membangun kebersamaan dan membina kerukunan antar sesama.

Sebelumnya, Ketua Panita Ali Fachruddin melaporkan bahwa kegiatan dialog tokoh agama/adat ini bagian dari tindaklanjut program Kita Cinta Papua yang melibatkan semua tokoh agama, tokoh adat, pemerintah daerah dan Kementerian Agama.

Tampak hadir, Dirjen Bimas Kristen Thomas Pentury, Sekretaris Dirjen Bimas Katolik Aloma Sarumaha, staff khusus Menag Zul Effendi Syarif, Kakanwil Kemenag Provinsi Papua, perwakilan gubernur Sorong, dan Forkompinda Provinsi Sorong.

Pembukaan Dialog Tokoh Agama dan Masyarakat/Adat di Sorong ini ditandai dengan pemukulan tifa bersama-sama oleh Sekjen Kemenag Nizar Ali, Dirjen Bimas Kristen Thomas Pentury, Sekretaris Dirjen Bimas Kristen Aloma Sarumaha, Kakanwil Kemenag Provinsi Papua Amsal Yowei, Kakanwil Kemenag Provinsi Papua Barat Yan Kristianus Kadang.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: