kemenag

Resmikan Rumah Moderasi IAIN Ternate, Kemenag: Injeksikan di Ruang Pembelajaran

Ternate (ikhlasberamalnews) — Dirjen Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani, meresmikan Rumah Moderasi Beragama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate, Maluku Utara.  Dirjen Pendis mengajak civitas akademika agar komitmen moderasi beragama ini bisa diinjeksikan pada ruang pendidikan, pengajaran, dan  penelitian melalui berbagai metodologi.  

“Injeksikan di ruang pembelajaran. Kehadiran Rumah Moderasi Beragama di IAIN Ternate, diharapkan mampu menyampaikan Islam Rahmatan lil Alalmin kepada masyarakat Maluku yang beragam,” jelas Muhammad Ali Ramdhani di Ternate, Sabtu (07/11).

“Karenanya,  ketika bicara Moderasi Beragama, maka yang harus memiliki sikap moderat itu adalah manusianya, orangnya, bukan agamanya. Sebab agama itu sendiri sudah moderat,” jelasnya.

Dirjen berharap Rumah Moderasi bisa menjadi ruang semai pemahaman dan sikap moderat serta menghargai perbedaan. Menurut Dhani, salah satu prinsip moderasi beragama adalah menghargai perbedaan. “Bahwa dari perbedaan itulah yang membuat kita tumbuh dan berkembang. Sehingga produk dari moderasi beragama adalah toleran dan prosesnya adalah komunikasi yang baik,” ujar 

“Indonesia yang memiliki keberagaman yang begitu kaya, baik dari banyaknya agama, suku, ras dan kepentingan, berdiri kokoh sampai saat ini, karena dibangun oleh sikap menghargai perbedaan, dan kesepakatan dengan pikiran terbuka,” sambungnya.

Dirjen menilai keberadaan Rumah Moderasi pada kampus Pendidikan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKIN)  penting, sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, serta Pengabdian Masyarakat.

Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Taufiq Majid yang hadir dalam peresmian menyampaikan, pihaknya akan bersinergi dengan Kementerian Agama dengan mengirimkan juru dakwah yang memiliki pemahaman Islam moderat ke desa-desa. “Perlu upaya masif program Moderasi Beragama Kementerian Agama masuk ke desa-desa. Dengan menangkal bahaya radikalisme, terorisme yang muncul dari desa-desa,” tandasnya.

“Kementerian Desa siap mendukung dan menyukseskan Program Moderasi Beragama  yang diusung Kementerian Agama, secara masif,” sambung Taufiq.

Rektor IAIN Ternate Samlan Ahmad  dalam laporannya, menyampaikan bahwa pengembangan Islam berbasis kepulauan menjadi konsen dari prinsip akademik yang dibangun di IAIN Ternate. Oleh sebab itu, menurutnya, Rumah Moderasi Beragama yang dibangun oleh IAIN Ternate menjadi jembatan dalam  pengembangan Islam Rahmatan lil Alamin,  di daerah Ternate, dan Maluku Utara secara umun,” ujarnya.

Tampak hadir dalam peresmian, Inspektorat Wilayah 3 Inspektorat Jenderal Kemenag, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Maluku Utara, Pejabat Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Ternate, Para Wakil Rektor serta Civitas Akademika IAIN Ternate.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: