Buddha kemenag

Resmikan Vihara, Menag: Manfaatkan untuk Kemajuan Kehidupan Spiritual dan Sosial

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Apabila seseorang tidak berjuang pada saat ia harus berjuang, malas meskipun masih muda dan kuat; apabila ia menekankan pikiran baik yang timbul dalam batin, apabila ia ragu-ragu, ia tidak akan menemukan kebijaksanaan. Itulah pesan Dhamma sebagaimana tertuang di dalam kitab Dhammapada (syair 280) yang dikutip Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam sambutannya pada peresmian Vihara Hemadhiro Mattavati, di bilangan Kapuk, Jakarta Utara, Minggu (30/6).

Dalam kaitannya dengan Vihara yang baru saja diresmikan Menag hari itu, ia ingin mengingatkan semua umat Budhha untuk menjadikan Vihara selain sebagai media umat untuk berkomunikasi dengan Tuhan tapi juga disertai dengan adanya daya upaya untuk memperbaiki dan meraih kebahagiaan dalam kehidupan.

Daya upaya itulah yang dikatakan Menag akan membangkitkan semangat dalam diri agar selalu berjuang dalam bekerja, belajar, dan akhirnya mencapai kesuksesan. Hal ini dikaitkan Menag kepada teladan Buddha yang selalu berusaha mencari jalan menuju kebahagiaan selama bertahun-tahun hingga akhirnya menemukannya dan berbuah kedamaian sejati, pencerahan, atau Nirvana.

“Untuk itu, manfaatkanlah Vihara ini dengan seoptimal mungkin bagi kemajuan kehidupan spiritual dan sosial. Tumbuhkan kesadaran bahwa tersedianya sarana ibadah yang baik ini adalah hasil kerja keras para pimpinan dan pengurus dalam memenuhi kebutuhan umatnya,” ucap Menag di hadapan para Bante dan Bikhsu serta ratusan umat Budhha yang hadir. Dalam acara tersebut, hadir juga tokoh-tokoh lintas agama lainnya seperti Ustadz, Romo, Pedanda, dan juga tokoh agama lainnya.


Menurut Menag semangat keberagaman di kalangan umat beragama serta menguatnya kesadaran religius merupakan nilai positif sebagai efek yang dihasilkan atas semangatnya umat membangun rumah ibadah yang indah dan tinggi.

Menag juga mengingatkan agar fungsi rumah ibadah perlu diperluas dengan memanfaatkan fasilitas yang tersedia atau pun dengan penambahan fasilitas dan sarana fisik lainnya.

“Dengan begitu rumah ibadah semakin dapat bermanfaat bagi pembinaan masyarakat. Baik dalam aspek kegiatan Ibadah maupun bagi pembinaan aspek wawasan sosial, ekonomi, dan wawasan lainnya sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman,” ucap Menag.

Peresmian Vihara yang bangunannya berdampingan dengan musholla tersebut, tampak meriah dengan tarian barongsai dan penampilan marching band pada acara pembukaan. Dalam kesempatan itu, peresmian secara simbolis juga ditunjukkan dengan dibukanya kain penutup patung Buddha dalam Vihara dan penandatanganan prasasti oleh Menag.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

This error message is only visible to WordPress admins

Error: No connected account.

Please go to the Instagram Feed settings page to connect an account.

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: