kemenag Pendidikan Islam

Santri/Siswa Terkendala Daftar UTBK, Segera Lapor Operator EMIS Pesantren/Madrasah

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Sejumlah santri kelas XII dan lulusan pesantren muadalah (SPM), Pendidikan Diniyah Formal (PDF), serta siswa madrasah aliyah terkendala saat akan mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) melalui laman web LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi).

Sesditjen Pendidikan Islam Imam Safei mengimbau para santri dan siswa madrasah untuk segera melaporkan hal tersebut ke operator Education Management Information System (EMIS) yang ada di pesantren dan madrasah tempat mereka belajar. “Jika ada kendala, segera laporkan ke operator EMIS pesantren dan madrasah aliyah,” tegasnya di Jakarta, Rabu (13/03).

Imam Safei mengaku ada kendala teknis dalam pendaftaran UTBK, utamanya terkait input Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Sebagai solusi, Kemenag sudah berkoordinasi dengan LTMPT agar pendaftaran UTBK mengacu pada basis data Education Management Information System (EMIS) yang dikelola Ditjen Pendidikan Islam.

“Kendala muncul bisa jadi karena perlu dilakukan perbaikan data santri dan siswa yang tercantum dalam basis data EMIS Ditjen Pendidikan Islam. Kami sudah siapkan fasilitas untuk melakukan perbaikan data siswa dan itu bisa dilakukan oleh operator EMIS Pesantren dan madrasah,” ujar Imam Safei.

Menurut Imam, perbaikan dilakukan melalui laman http://emispendis.kemenag.go.id/e-monitor/. Perbaikan data mencakup: profil santri/siswa (nama, NIK, tempat lahir, tanggal lahir dan nama ibu kandung). “Saat akan melakukan perbaikan, santri dan siswa agar membawa data dukung berupa file scan Kartu Keluarga (KK) atau Akte Kelahiran,” tuturnya.

Hal lainnya adalah perbaikan NISN. Ini bisa dilakukan dengan melampirkan screenshoot atau foto tampilan NISN yang valid pada web nisn.data.kemdikbud.go.id. “Hal lain yang bisa diubah adalah data alamat siswa,” tandasnya.

Pendaftaran UTBK gelombang I dibuka dari 4 – 24 Maret 2019. Pendaftaran gelombang kedua dibuka 25 Maret – 1 April 2019. Pelaksanaan UTBK juga dibagi dalam dua gelombang yakni Pertama pada 13 April – 04 Mei 2019 dan khusus Tuna Netra pada 4 Mei 2019 pukul 07.30 – 11.45

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

smallseotools.com

Follow me on Twitter

%d bloggers like this: