kemenag

Sekjen Harap PTKI Respon Kebutuhan Sertifikasi Pembimbing Haji

Sekjen Harap PTKI Respon Kebutuhan Sertifikasi Pembimbing Haji

  • Senin, 07 Desember 2020 06:05 WIB

Jambi (ikhlasberamalnews) — Kementerian Agama sejak dulu mencanangkan untuk bisa mengantarkan jemaah haji mandiri di setiap penyelenggaraan ibadah haji. Hal ini tentu membutuhkan para pembimbing ibadah profesional yang bisa memberikan bimbingan secara berkelanjutan, tidak semata menjelang keberangkatan.

Sekjen Kemenag Nizar melihat hal ini sebagai peluang dan tantangan yang harus dijawab Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). “Ini harusnya direspon PTKI untuk menyelenggarakan sertifikasi secara mandiri, tanpa mengandalkan APBN,” ujar Sekjen Kemenag Nizar, Minggu (07/12), saat memberikan pembekalan Sertifikasi Pembimbing Ibadah Haji yang digelar Kanwil Kemenag Provinsi Jambi. Sertifikasi ini diselenggarakan bekerjasama dengan UIN Sulthan Thaha, di Jambi.

“Saat ini ada 15 PTKI yang sudah MoU dengan Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) untuk menggelar sertifikasi. Ada juga dari lembaga 
Ittihadul Muthawwifin Indonesia,” lanjutnya. 

Menurut Nizar, antrian jemaah haji Indonesia cukup panjang. Data Ditjen PHU, saat ini waiting list mencapai 4,5 juta calon jemaah haji. Mereka juga 
perlu disapa melalui manasik.

“Kanwil Kemenag Provinsi dan Kankemenag Kab/Kota ke depan bisa menggulirkan program bimbingan manasik untuk jemaah waiting list sehingga info terkini terkait haji bisa segera disampaikan. Sehingga, mereka sudah punya bekal yang cukup saat akan berangkat,” ujarnya.

Nizar berharap, jika bimbingan manasik dilakukan sejak awal dan secara berkelanjutan, maka visi membentuk jemaah haji mandiri akan terwujud.


Sumber : –

Penulis : Kontri

Editor : Indah Limy

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: