kemenag

Sekjen: Pemkab Loteng Siapkan Lahan, Kemenag Usahakan Bangun Asrama Haji

Loteng (ikhlasberamalnews) — Sekjen Kemenag Nizar menegaskan pihaknya siap mengupayakan pembangunan asrama haji Nusa Tenggara Barat (NTB) di Lombok Tengah (Loteng). Namun, Pemerintah Kabupaten harus menyiapkan lahannya.

Menurut Nizar, Pemkab Lombok Tengah perlu menyiapkan lahan minimal seluas 10 hektar (ha). Lokasinya di dekat bandara. Jika lahan itu ada, Kemenag akan memperjuangkan anggaran pembangunan asrama haji hingga disetujui Kemenkeu.

“Jika Pemkab Loteng siapkan lahannya, Kemenag akan memperjuangkan anggaran pembangunan fisiknya di Kementerian Keuangan. Bangunannya berstandar hotel bintang tiga,” kata Sekjen Kemenag Nizar saat melakukan kunjungan kerja ke Loteng, Jumat (27/11).

“Sekarang tergantung Pemkab, mau atau tidak. Intinya, Kemenag siap memperjuangkan anggaran pembangunannya, termasuk regulasinya,” sambungnya. 

Nizar menjelaskan, asrama haji yang dibangun nantinya tidak hanya digunakan untuk layanan jemaah haji. Asrama juga bisa digunakan untuk kepentingan lain, termasuk sebagai tempat penginapan penonton MotoGP, acara-acara Pemkab, Pemerintah Provinsi NTB, pemerintah pusat dan  masyarakat. Sebab, kebutuhan pelayanan haji umumnya hanya digunakan 3-4 bulan.

“Mohon ini dipikirkan dan dipertimbangkan,” tegasnya di hadapan Kakanwil Kemenag NTB KH M Zaidi Abdad, Pejabat Sekda Loteng HL Idham Khalid, Kepala Kemenag Loteng H Zamroni Aziz, dan para Kepela Kemenag se NTB.

Nizar menekankan, pihaknya siap mendukung dan mensukseskan perhelatan MotoGP tahun depan. 

Idham Khalid mengatakan bahwa pihaknya terus mendukung program Kemenag. Salah satunya, kata Idham, memberikan hibah lahan untuk pembangunan KUA. “Sekarang ini kami kembali memberikan hibah lahan dan bangunan untuk MTsN 6 Loteng,” ujarnya.

Kepala Kankemenag Loteng Zamroni Aziz akan segera berkoordinasi dengan Bupati Loteng guna membicarakan pembangunan asrama haji. Karena manfaatnya tidak saja dinikmati pemerintah. “Dengan begitu, akan tumbuh usaha baru,” pungkas Zamroni.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: