kemenag Kristen

Sekum PGI Ajak Jadikan Gereja Pusat Edukasi dan Literasi Covid-19

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Sekretaris Umum Persatuan Gereja-gereja di Indonesia Pdt. Jacky Manuputty berharap gereja bisa menjadi pusat edukasi dan literasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Menurutnya, salah satu persolan saat ini dalam menangani Covid-19 adalah terbatasnya edukasi yang secara simultan dilakukan untuk mendorong ketaatan publik. “Paling utama, bagaimana menjadikan gereja sebagai pisat edukasi dan literasi publik terhadap Covid-19,” terangnya dalam kesempatan Talk show INFO CORONA bertajuk “Kapan Kembali Beribadah di Gereja?”, Jumat (19/06). Talk show yang digelar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 disiarkan melalui media sosial BNPB.

Hadir juga sebagai narasumber, Dirjen Bimas Kristen Thomas Pentury, Romo Agustinus Heri Wibowo (Ketua Komisi Hubungan Antar Keyakinan Konferensi Waligereja Indonesia), dan Pdt. Paulus Kariso Rumambi (Ketua Umum Majelis Sinode Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat). Talk show dipandu oleh Tim Komunikasi Publik Gugasnas Percepatan Penanganan Covid-19 Kristomei Sianturi. .

Terkait SE Menag No 15 Tahun 2020 tentang Panduan Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid di Masa Pandemi, Pdt Jacky mengku pihaknya melalui gugus tugas di PGI menyikapi sangat kritis dan serius. “Kita masih mengimbau gereja untuk menahan diri melangsungkan ibadah. Juga terus melakukan koordinasi dengan gugus tugas lokal untuk mengetahui perkembangan epidemologi. Ada sejumlah pengetahuan yang harus dimiliki gereja,” jelasnya.

Kalaupun dimungkinkan untuk keluar surat keterangan aman Covid-19 dari Gugus Tugas setempat, lanjut Pdt Jacky, gereja harus tetap menerapkan protokol kesehatan. PGI sudah keluarkan panduan protokol yang sangat detil. “Untuk orang tua dan anak-anak, kami masih mengimbau untuk tidak ikut ibadah jemaat tapi perlu cara kreatif agar mereka bisa beribadah di rumah,” ujarnya.

Ditanya tentang Sekolah Minggu, Pdt Jacky mengaku masih disarankan untuk digelar secara online. Menurutnya, saat ini banyak gereja yang telah membuat paket pembelajaran online untuk Sekolah Minggu. “Dibutuhkan tim pembinaan anak untuk memikirkan cara pembelajaran kreatif dan banyak gereja yang sudah melakukan itu,” tandasnya.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: