kemenag Kristen Opini

Siapa Saudara Kita?

Pdt Sundoyo

Peserta Mimbar Kristen yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Salam dari Sinode GKJ untuk seluruh Pemirsa Mimbar Kristen.

Kita akan merenungkan bagian sabda Firman Tuhan yang terambil dari Lukas 10:36-37. “Siapakah di antara ketiga orang ini, menurut pendapatmu, adalah sesama manusia dari orang yang jatuh ke tangan penyamun itu?” Jawab orang itu: “Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya.” Kata Yesus kepadanya: “Pergilah, dan perbuatlah demikian!”

Pemirsa mimbar Kristen yang dikasihi Tuhan. Mari kita belajar satu saja dalam Firman Tuhan ini, bertanya soal siapa saudara kita bukan dari sudut pandang kita. Jadi kalau orang Farisi itu ditanya siapa saudaramu? Dia bisa memakai sudut pandangnya.

Sudut pandang saya, saudara saya adalah saudara kandung saya, orang yang saya kenal, orang yang seagama dengan saya, orang yang se garis politik dengan saya, orang yang se-asas dengan saya, dan seterusnya. Itu sudut pandangnya orang yang ditanya, tetapi Yesus ingin mengajak kita untuk bertanya siapa saudara dari sudut pandang korban. Jadi bertanya siapa saudara bukan dari saya, tetapi siapa saudara dari orang yang sedang mengalami kesusahan. Maka di situ kita akan menemukan bukan soal seagamanya yang menjadi masalah, bukan soal seasasnya dalam berpolitik  atau garis pandang politik, tetapi setiap orang yang menunjukkan kepedulian dan belas kasihan, itulah saudara bagi korban.

Maka, kita terus belajar menghidupi bangsa ini bukan dalam pengertian saudara yang kemudian disebut sama dengan kita. Orang yang disebut saudara dari sudut pandang orang yang miskin, terpinggirkan dan orang yang lemah adalah mereka yang memperjuangkan kemanusiaan, yang memperjuangkan keadilan bagi mereka yang terpinggirkan, yang berjuang untuk kemanusiaan, bagi mereka yang kehilangan harga dirinya.

Jadi, sahabat dan saudara menurut orang yang sedang mengalami persoalan adalah mereka yang peduli bagi mereka, itu adalah sahabat, itu adalah saudara. Itu yang harus kita bangun sebagai kehidupan bersama-sama ini. Kiranya Tuhan memberkati dan menolong kita semua. Amin

Pdt. Sundoyo, S.Si., M.B.A. (Sekum Sinode Gereja Kristen Jawa)

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: