kemenag

Siapkan Bimbingan Melalui Medsos, Kemenag Ajak Seluruh Stake Holder Terlibat Manasik Haji

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Kementerian Agama saat ini tengah menyiapkan program bimbingan manasik haji melalui media sosial. Hal ini dilakukan untuk menyiasati agar program Bimbingan Manasik Sepanjang Tahun Kementerian Agama, tetap dapat berjalan optimal di tengah keterbatasan kondisi akibat pandemi global Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang saat ini melanda Indonesia. 

Hal ini disampaikan Direktur Bina Haji Khoirizi saat menjadi salah satu narasumber dalam program bimbingan manasik secara daring melalui aplikasi zoom meeting yang digelar oleh Pengurus Besar Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (FKAPHI) dengan Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Jakarta Selatan. 

“Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) sedang menyiapkan manasik melalui media sosial, yang InsyaAllah dalam waktu dekat akan kita luncurkan melalui web Kementerian Agama,” jelas Direktur Bina Haji Khoirizi melalui sambungan video conference, Senin (06/04). 

Khoirizi pun mengajak seluruh stake holder penyelenggaraan ibadah haji Indonesia, mulai dari Kepala Seksi  PHU Kota, Kabid PHU Provinsi, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU), para tenaga pembimbing haji bersertifikat hingga alumni petugas haji dapat bahu membahu dalam pemberian manasik. 

“Harapan saya tentu semua para kabid, para kasie dapat memberikan pencerahan kepada para jemaah baik langsung atau pun melalui stake holder kita,” ujar Khoirizi. 

“Kita punya stake holder dari KBIHU, kita punya stake holder para tenaga pembimbing bersertifikasi. Manfaatkan itu semaksimal mungkin, untuk dapat memberikan manasik kepada jemaah agar mendapatkan pengetahuan yang cukup,” lanjutnya. 

Khoirizi menambahkan, bimbingan manasik haji merupakan bagian dari pelayanan, pembinaan, dan perlindungan bagi jemaah haji. 

Senada dengan Direktur Bina Haji, Kasie PHU Kankemenag Jakarta Selatan Fatullah menyampaikan pihaknya berkomitmen untuk memberikan layanan yang optimal bagi calon jemaah, salah satunya dengan menggelar bimbingan manasik secara daring (online). Pertemuan secara online yang diberi nama Jagong Haji Umrah Melalui Daring ini dipandu oleh salah satu pengurus FKAPHI Naif Adnan. 

“Saya merasa senang dengan antusiasnya jemaah dengan program manasik melalui daring ini, manasik haji diharapkan bisa maksimal dijangkau oleh seluruh jemaah haji khususnya jemaah asal Jakarta Selatan tahun 2020 ini,” ujar Fatullah. 

Kegiatan bimsik via daring yang diinisiasi PB FKAPHI ini dihadiri oleh Dirbina Haji Khoirizi H Dasir, Ketum PB FKAPHI HM Affan Rangkuti, anggota PB FKAPHI, beberapa PW FKAPHI di daerah, Kabid PHU, Kasi PHU, serta Jemaah Haji asal Jakarta Selatan yang tahun ini akan berangkat ke Tanah Suci.

Sementara Ketua Umum PB FKAPHI HM Afan Rangkuti mengatakan, keterlibatan organisasinya dalam pemberian manasik secara online sebagai bentuk komitmen para alumni petugas haji untuk terus menjadi pelayan, pembina, dan pelindung bagi jemaah haji Indonesia. “Pertemuan secara daring ini bukan terakhir, namun ini awal. Segera akan dirancang pertemuan lagi dengan menghadirkan nara sumber dari Komisi 8 DPR RI, Ditjen PHU, Puskes Haji, TNI, Polri dan pihak lain yang terkait  dengan penyelenggaraan haji,” tandas Afan.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: