kemenag

Sistem Informasi Halal Akan Dirilis Januari 2019

Sistem Informasi Halal Akan Dirilis Januari 2019

  • Sabtu, 08 Desember 2018 04:22 WIB

(foto: Boy Azhar)

Jakarta (Kemenag) — Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama tengah menyiapkan aplikasi layanan bernama Sistem Informasi Halal atau SIHALAL. Aplikasi ini rencananya akan dirilis pada Januari 2019.

Hal ini terungkap dalam pertemuan antara tim BPJPH dan pengembang aplikasi dengan Menag Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Kementerian Agama,  Jakarta, Jumat (07/12).

“Sistem Informasi Halal (SIHALAL) sebuah rancangan sistem yang terintegrasi dan mudah untuk diakses oleh pelaku usaha, sehingga dengan sistem tersebut dapat memberikan kepastian dan jaminan bagi para pengguna produk / konsumen akan validitas label Halal yang dikeluarkan oleh BPJPH,” terang Alip Setyo Wibowo selaku pihak pengembang aplikasi. 

“Penerapan aplikasi SIHALAL pada pelaku usaha diharapkan mampu menjaga kesinambungan proses produksi halal, sehingga produk yang dihasilkan dapat selalu dijamin kehalalannya sesuai dengan ketentuan BPJPH,” lanjutnya.

Menag mengapresiasi adanya gagasan dan upaya dalam membentuk Sistem Informasi Halal tersebut. Menurutnya, proyek ini merupakan kerja besar, dan juga merupakan hal yang luar biasa jika terwujud secara maksimal. 

Namun, Menag mengingatkan bahwa rancangan ini juga menjadi pertaruhan dan tanggung jawab Kemenag. Menag berharap, SIHALAL ke depan bisa menjadi role model pengembangan model aplikasi terkait jaminan produk halal.

Saat ini, aplikasi ini masih dalam tahap optimalisasi demi terwujudnya platform yang ‘user friendly’ sehingga setiap lapisan masyarakat dapat dengan mudah mengaksesnya. (belle-belle)


Sumber : –

Penulis : Kontri

Editor : Khoiron

Source link

About the author

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment



smallseotools.com

%d bloggers like this: