kemenag Pendidikan Islam

Student Residence, Tempat Tanamkan Nilai Agama

Palembang (ikhlasberamalnews) — Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meresmikan Student Residence UIN Raden Fatah, Palembang. Menag berharap, gedung ini menjadi tempat menanamkan nilai-nilai dasar keagamaan. 

“Beda dengan mahasiswa yang berasal dari Madrasah atau Pesantren yang sudah punya dasar keagamaan. Tapi kalau dari sekolah umum tentunya terbatas ilmu agama. Untuk itu bagaimana dasar dasar agama ini bisa diberikan di asrama,” kata Menag di Palembang, Kamis (11/07) pagi.

Sejak ditingkatkan status menjadi Universitas, UIN tidak hanya diisi mahasiswa yang berasal dari sekolah keagamaan seperti MAN dan Pondok Pesantren, tapi juga dari sekolah umum. Untuk itu, asrama mahasiswa ini tidak hanya dijadikan tempat hunian bagi mahasiswa yang lemah secara ekonomi, tapi juga menjadi ruang memberikan materi dasar keislaman.

“Ke depan setiap lulusan UIN Raden Fatah nantinya punya standart nilai keislaman, karena telah mendapat materi-materi dasar keislaman. Tidak hanya pemahaman Alquran, pelaksanaan shalat, yang terpenting punya pemahaman keislaman,” kata Menag.

Student Residence merupakan bangunan lima lantai yang pembiayaan pembangunannya bersumber dari anggaran Badan Layanan Umum (BLU).

Selain Student Residence, Menag juga meresmikan Rafa Tower yang menjadi pusat kegiatan akademik UIN Raden Fatah.  Rafa Tower ini dibangun dengan biaya yang bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN)

Menempati lahan seluas 750 meter persegi, pembangunan gedung 9 lantai ini menelam biaya sedikitnya 54,5 milyar. Gedung ini dilengkapi ruang sekretariat, ruang perkuliahan, juga cafe dan ruang penelitian hisab rukyat.

“Saya bersyukur bisa resmikan dua gedung yang sangat strategis. Selain meningkatkan kapasitas sarana juga dalam upaya meningkatkan tri darma perguruan tinggi,” ujar Menag.

Peresmian gedung ini ditandai pemukulan rebana oleh Menteri Agama bersama Sekda Provinsi H. Nasrun Umar dan Rektor UIN Raden Fatah, H. Sirozi. Selanjutnya, dilakukan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita sebelum peninjauan lapangan. (Ida)

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

This error message is only visible to WordPress admins

Error: No connected account.

Please go to the Instagram Feed settings page to connect an account.

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: