kemenag

Sumbar Juara Umum MTQ, Menag: Selamat, Jadikan MTQ Momentum Pendidikan Qurani

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Kontingen Sumatera Barat didaulat sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional XXVIII yang berlansung di Padang. Menag Fachrul Razi mengucapkan selamat atas capaian prestasi ini.

Menag berharap hal tersebut bisa menjadi momentum penguatan pendidikan karakter Qurani. Menurut Menag, MTQ tidak cukup hanya sebagai syiar Islam dan kesemarakan semata. “Al-Qur’an harus difungsikan sebagai penuntun kehidupan umat, baik secara pribadi maupun masyarakat, sehingga terwujud kualitas kehidupan beragama yang semakin baik,” kata Menag di Jakarta, Minggu (22/11).

“MTQ harus menjadi pendorong semangat untuk membentuk generasi yang berkarakter Qurani. Nilai MTQ bukan pada piala dan juara, tapi pada muatan dakwah yang dipancarkannya,” sambungnya.

Presiden Joko Widodo, saat memberikan sambutan pembukaan MTQ juga menggarisbawahi pentingnya membumikan Al-Qur’an. Menurut Presiden, syiar Islam untuk memperkokoh nilai-nilai agama dan sendi-sendi kehidupan masyarakat dan berbangsa harus diperkuat, salah satunya melalui pendidikan Al-Quran.

Sebab, lanjut Presiden, Al-Qur’an yang merupakan sumber rujukan umat Islam,  berisi nilai-nilai luhur yang universal yang sejalan dengan fitrah manusia yang hanif. “Al-Qur’an mengajak semua manusia untuk kerja sama dalam takwa dan kebaikan,” ujar  Presiden.

Kepribadian dan kemuliaan ahklak Nabi Muhammad bersumber dari Al-Qur’an. Nabi dikenal sebagai sosok yang menebarkan kasih sayang, serta menjauhkan diri dari perkataan dan perbuatan yang menyakiti sesama. “Kita semua sebagai umatnya, harus meneladani kemuliaan ahklak Nabi tersebut,” lanjutnya. 

“Saya yakin, dengan pemahaman keislaman yang semakin baik, tidak hanya akan memperkuat jati diri seorang muslim dan muslimat, tapi juga akan memperkokoh ukhuwah seperti diajarkan Rasulullah baik ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah maupun ukhuwah insaniyah, semangat persaudaraan dan kepeduliaan terhadap sesama sebagaimana dicontohkan Nabi Muhammad Saw,” sambungnya.

Hal senada disampaikan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin saat menutup MTQ Nasional 2020. Menurutnya, nilai-nilai dalam Al-Qur’an sangat aplikatif untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad berbunyi iqra’ yang berasal dari kata qara’a. Kata qara’a bukan hanya bermakna membaca secara tekstual, tetapi juga membaca secara konteks, substansi, dan berpikir mendalam untuk melakukan inovasi.

“Pengamalan Al-Qur’an  yang disyiarkan melalui gelaran MTQ Nasional diharapkan mampu menjadi penyebab lahirnya generasi unggul, profesional, dan Qur’ani untuk Indonesia maju,” tandasnya.

MTQ Nasional XXIX pada 2022 rencananya akan berlangsung di Kalimantan Selatan. Berikut ini 10 besar juara MTQ Nasional ke-28 di Padang, Sumbar:

1. Sumatera Barat
2. DKI Jakarta
3. Jawa Timur dan Jawa Barat
4. Kepulauan Riau
5. Sumatera Utara

6. Banten
7. Riau 
8. Nusa Tenggara Barat
9. Kalimantan Barat
10. Jawa Tengah

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: