kemenag

Tak Sekedar Saling Mengenal, Menag: Lita'arafu, Bermakna Saling Menghormati dan Memuliakan

Tak Sekedar Saling Mengenal, Menag: Lita’arafu, Bermakna Saling Menghormati dan Memuliakan

  • Jum’at, 13 Maret 2020 22:29 WIB

Foto: Bella

Bekasi (ikhlasberamalnews) — Islam mengajarkan umatnya untuk saling mengenal. Ajaran ini terungkap dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat ayat 13, di mana dikenalkan konsep lita’arafu. 

“Ternyata lita’arafu ini mengandung makna yang dalam. Tidak sekedar saling mengenal, tapi juga saling menghormati dan memuliakan,” ungkap Menag Fachrul Razi saat memberikan arahan pada pembukaan Rakerwil Kemenag DKI Jakarta, di Bekasi, Jumat (13/03). 

Menag mengaku pemahaman ini diperolehnya dari penjelasan Habib Luthfi bin Yahya kala bertemu di kegiatan yang digelar para ulama sufi. “Saat saya bertemu beliau, Habib Luthfi menyampaikan, bahwa konsep Lita’arafu maknanya sedalam itu,” ujarnya. 

“Jadi kita tidak hanya harus saling mengenal dengan mereka yang berbeda dengan kita. Tapi juga harus menghargai, menghormati, bahkan harus saling memuliakan dengan mereka yang berbeda,” imbuh Menag. 

Pemahaman ini menurut Menag penting untuk dipahami oleh seluruh ASN Kemenag yang diharapkan dapat menjadi agen moderasi beragama. “Kalau sudah memahami ini, mudah-mudahan gesekan-gesekan intra dan antar umat beragama dapat kita minimalisasi,” kata Menag. 

Tampak hadir mendampingi Menag, Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta Saiful Mujab dan Kepala Bagian Tata Usaha Pimpinan Khoirul Huda Basyir. 

Raker Kanwil Kemenag DKI dihadiri oleh 247 peserta yang merupakan pejabat eselon III dan IV di lingkungan Kanwil DKI, Kepala Madrasah, Pengawas, Kepala KUA, serta perwakilan Kelompok Kerja Penyuluh Agama. Raker berlangsung selama tiga hari, mulai 13 hingga 15 Maret 2020.

 


Sumber : –

Penulis : Indah Limy

Editor : Indah Limy

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: