Katolik kemenag Opini

Tiada Ketakutan dalam Kebenaran dan Terang Tuhan

Saudara yang terkasih. Dalam penghidupan dan kehidupan kita di dunia, dalam aktivitas dan relasi sosial kita yang intens dan dinamis, sering kali kita dihinggapi rasa takut. Takut akan semua kekurangan kita, takut akan kesalahan dan dosa kita, takut akan pemenuhan kebutuhan kita, takut akan tujuan hidup kita, dan takut akan situasi lingkungan sosial, serta takut akan lingkungan alam kita.

Di tengah hiruk pikuk kehidupan politik yang kerap bergejolak, kehidupan ekonomi yang belum stabil, kehidupan hukum dan aturan yang kadang tidak adil, kehidupan sosial budaya yang sering mengeras, kita sering dibayang-bayangi ketakutan di waktu kekinian dan masa depan kita, baik berkenaan keluarga, masyarakat, maupun bangsa kita.

Memang kita sudah paham bahwa ketakutan, kekhawatiran, was-was inheren dengan diri kita, sebagai pertanda atas kegagalan kita terhadap kuasa dan cinta Tuhan, pertanda atas ketidaksetiaan kita pada kasih Tuhan. Ketakutan dan kekhawatiran kita sering mendorong kita bersembunyi dalam kegelapan, dan kurang keberanian  berjalan dalam terang. Ketakutan kita sering memaksa kita untuk melakukan kebohongan, keculasan, kemunafikan. Menyatakan kebenaran sering menjadi teramat berat bagi kita, berkata jujur merupakan beban untuk kita.

Saudara yang terkasih. Hari ini firman Tuhan berseru kepada kita umat yang dicintai dan dikasihi-Nya, “Jangan takut akan segala perkara dunia ini”. Jangan takut bahwa kita tidak berharga, jangan takut bahwa kita dikucilkan dan dipenjara oleh dunia ini. Jangan takut kita disakiti dan dimatikan oleh dunia ini. Jangan takut akan segala penyakit, jangan takut akan kehidupan yang tak pasti di dunia ini.

Bila kita berada dalam terang dan kebenaran yang diperintahkan Tuhan, bila kita selalu memelihara kejujuran dan integritas kita, bila kita senantiasa memohon dan bersyukur dalam kegembiraan, terang dan kebenaran, Tuhan Sang Pemilik segalanya pasti menguatkan, menjamin, memelihara, dan memastikan  terpenuhi segala kebutuhan kita.

Tuhan yang bertemu, menyapa, memelihara, menjamin, dan mengasihi kita ialah Tuhan yang pasti, nyata, penuh rasa kasih selalu dan selamanya dalam terang dan kebenaran. Tuhan yang mampu memastikan dan menjamin bahwa Dialah jalan, kebenaran, dan hidup. Hanya dalam Dia ada jaminan keselamatan kita.

Saudara yang terkasih. Jangan takut, galau, risau, khawatir akan penghidupan dan kehidupan dunia dengan segala kompleksitasnya. Kita tinggalkan jalan kegelapan yang penuh kebohongan. Mari kita berjalan dalam terang dan kebenaran, maka Tuhan akan selalu menjaga dan memelihara kita.

Salam hormat penuh berkat.

E. Rifai Andayani (Kepala Bagian Umum dan BMN Ditjen Bimas Katolik)

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: