kemenag

Tiba di Sentani, Menag Akan Sosialisasi Program Kita Cinta Papua

Sentani (ikhlasberamalnews) — Menteri Agama Fachrul Razi melakukan kunjungan kerja ke Bumi Cendrawasih Papua, hari ini, Kamis (03/09). Menag didampingi Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag RI Anni Fachrul Razi tiba di bandara Sentani pukul 07.10 waktu setempat. Tiba di bandara Sentani, Menag dipasangi topi adat Papua diiringi tarian tradisional selamat datang yang dibawakan delapan orang pemuda Papua. 

Tampak menyambut Menag, perwakilan Gubernur Papua, Walikota Jayapura, Bupati Sentani, Kakanwil Kemenag Provinsi Papua dan tokoh agama serta masyarakat Papua. Pada hari pertama lawatan di Papua Menag akan bertatap muka dengan para tokoh adat dan tokoh agama se-Papua yang dikemas dalam gelaran sosialisasi program Kita Cinta Papua (KCP). 

Kakanwil Kemenag Provinsi Papua Pdt. Amsal Yowei mengatakan kehadiran Menteri Agama di Bumi Cendrawasih sekaligus merespon harapan agar Menag hadir langsung bertatap muka dengan para tokoh agama dan tokoh adat di Papua yang disampaikan saat gelaran dialog virtual awal Agustus lalu. 

Menurut Pdt Amsal rangkaian kegiatan Menteri Agama di Papua antara lain penyerahan penghargaan kepada Pemerintah Daerah “Peduli Kerukunan Umat Bergama”, penyerahan dokumen permohonan usulan alih status dan penegerian lembaga pendidikan keagamaan, penyerahan secara simbolis mahasiswa putra-putri orang asli Papua (OAP) penerima afirmasi beasiswa program “Kita Cinta Papua”, penyerahan bantuan lembaga keagamaan dan pendidikan keagamaan. 

Ia menambahkan Menteri Agama juga dijadwalkan akan melakukan pencanangan pembangunan Kantor Layanan Kerukunan Umat Beragama dan Monumen Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Jayapura, memberi sambutan pada Stadium General di Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKN) Burere Sentani, menemui mahasiswa OAP yang mengikuti acara pembekalan afirmasi beasiswa di Sentani, pembinaan ASN Kemenag, dan stadium general di IAIN Fattahul Muluk Papua. 

“Kami memberikan apresiasi kepada Menteri Agama RI dalam “Kabinet Indonesia Maju” dengan program keberpihakan yang besar pada Papua baik di bidang pendidikan dan urusan agama juga kerukunan umat beragama,” ujar Pdt. Amsal Yowei. 

Kakanwil Kemenag Papua pun mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama baik Kanwil Agama Provinsi Papua, juga 29 Kemenag Kabupaten/Kota, lembaga Perguruan Tinggi IAIN Fattahul Muluk, STAKPN Burere Sentani dan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Papua, untuk memberikan dukungan penuh dalam program Kita Cinta Papua sehingga umat beragama dapat semakin merasakan manfaatnya. 

Tampak hadir dalam rombongan Menag Direktur Jenderal Bimas Kristen Thomas Pentury, Staf Ahli Menteri Agama Zul Effendi, anggota Komisi VIII DPR RI, Sesmen Khoirul Huda Basyir, Kakanwil Kemenag NAD beserta FKUB, tokoh Aceh dan Kakanwil Kemenag Maluku. Program Kita Cinta Papua merupakan bagian dari ikhtiar Kemenag membangun jembatan kesetiakawanan Aceh-Papua dengan memajukan pendidikan dan lembaga keagamaan termasuk rumah ibadah.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: