Islam kemenag

Tiba di Soetta, Delegasi Indonesia pada MTQ Internasional Disambut Tim Kemenag

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Syamsuri Firdaus, juara I tilawah Alquran pada MTQ Internasional ke-7 yang berlangsung di Turki, tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Senin, 27 Mei 2019. Kedatangan Syamsuri bersama delegasi Indonesia ini disambut Tim Kementerian Agama.

“Alhamdulillah, delegasi Indonesia dari Turki sudah tiba di Bandara Soetta dan disambut Pejabat Direktorat Penerangan Islam (Penais), Ditjen Bimas Islam, Kementerian Agama,” terang Direktur Penais Juraidi di Jakarta, Selasa (28/05).

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang sedang berada di Arab Saudi dalam rangka mengecek persiapan akhir penyelenggaraan ibadah haji tahun 1440/2019, kata Juraidi, juga menyampaikan tahniah, ucapan selamat untuk delegasi Indonesia, khususnya Syamsuri Firdaus yang menjadi Juara I pada MTQ Internasional di Istanbul Turki. “Satu lagi prestasi anak bangsa di bawah binaan Kementerian Agama yang mengharumkan nama bangsa di forum internasional,” tutur Juraidi mengutip pesan Menag.

Dijelaskan Juraidi, Indonesia mengirim dua delegasi ke Turki. Selain Syamsuri Firdaus (NTB) pada untuk cabang tilawah, ada M Rif’at Al Banna (Jabar) yang ikut di cabang tahfizh Alquran. Delegasi ini diketuai oleh Ali Sibromalisi dari Direktorat Penais.

Selain tim Dit Penais, delegasi Indonesia juga disambut keluarga masing-masing. “Syamsuri saat ini masih di Jakarta karena hari ini akan mengikuti ujian sebagai mahasiswa UI jurusan Sastra Arab semester IV. Tanggal 2 Juni 2019 baru kembali ke Bima NTB,” ujar Juraidi.

MTQ Internasional ke-7 di Turki diselengarakan dari 20 – 25 Mei 2019 di Masjid Agung Camlica, Istanbul. Penghargaan untuk Syamsuri diserahkan langsung oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Ikut menyaksikan, para undangan Kementerian Agama Turki, wakil Konsulat Jenderal negara sahabat termasuk KJRI Istanbul yang diwakili PF Pensosbud, Iwan Wijaya M, serta Ali Sibromalisi selaku pendamping.

Selain kepada Syamsuri, penghargaan juga diberikan kepada juara II asal Nigeria dan juara III dari Qatar. MTQ internasional ke-7 di Istanbul, Turki, diikuti puluhan peserta dari 68 negara, Timur Tengah dan Eropa.

“Syamsuri terpilih sebagai wakil Indonesia pada MTQ Internasional di Turki setelah sebelumnya menjadi juara II Kategori Remaja pada MTQ Nasional tahun 2018 di Medan. Saat itu,¬† Syamsuri menjadi utusan dari Provinsi NTB,” terang Juraidi.

“Sedang M. Rif’at Al Banna, sebelumnya adalah Juara II cabang tahfizh 30 Juz pada MTQ Nasional tahun 2018 di Medan Sumut. Dia utusan Jawa Barat,” sambungnya.

Juraidi menambahkan, selain Syamsuri, sebelumnya sejumlah prestasi internasional juga diraih qari/qariah Indonesia sepanjang 2019, antara lain: juara I qari di Iran, juara II qari di Kuwait, juara II qariah di Malaysia, juara II Hafizh, dan Juara III Hafizhah di Brunei, dan juara I qari di Bahrain.

“Indonesia tahun ini belum bisa¬† menyelenggarakan event MTQ tingkat Internasional. Semoga itu bisa di tahun depan,” harapnya.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: