kemenag

Wamenag: Bupati Kasih Tanah, Kemenag Bangun KUA

Kuningan (ikhlasberamalnews) — Kementerian Agama terus meremajakan Kantor Urusan Agama dengan membangun Balai Nikah dan Manasik Haji. Biaya pembangunan ini dilakukan dengan skema biaya Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Namun demikian, pembangunan sering terkendala status tanah. Sebab, pembiayaan SBSN mensyaratkan status tanah milik Kementerian Agama.

“Sepanjang Pak Bupati beri tanah, Kemenag akan persiapkan untuk membangun KUA,” terang Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi di hadapan Bupati Kuningan Acep Purnama, di Kuningan, Sabtu (29/08).

Wamenag menyampaikan hal tersebut usai meresmikan Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kec Garawangi dan Kec Darma Kab Kuningan. Hadir, Kakanwil Kemenag Jabar Adib, Direktur Bina KUA Muharram Marzuki, Kakankemenag Kuningan bersama para Kepala KUA.

Menurutnya, KUA adalah ujung tombak layanan Kemenag. Karenanya, Kementerian Agama terus melakukan pembinaan agar KUA bisa berikan layanan terbaik ke masyarakat.

Sejumlah inovasi digital dilakukan. Misalnya mengembangkan sistem informasi nikah, pendaftaran online, dan lainnya. Kemenag juga melakukan peningkatan sarana prasarana kantor, dan pengembangan SDM agar tenaga KUA bisa melaksanakan tugas dengan baik.

“Kami juga mengembangkan program pengawasan agar aparatur KUA bisa melaksanakan tugas secara transparan dan akuntable. KUA bersih, melayani, dan bebas korupsi,” pesannya.

Kakanwil Kemenag Jabar Adib melaporkan bahwa dua gedung baru KUA yang baru diresmikan adalah projek 2020 yang selesai pertama. Tahun ini, ada lima KUA yang mendapat dana SBSN dari 32 KUA di Kab Kuningan.

Adib berkomitmen terus menjalin sinergi dengan Pemda dalam meningkatkan sarana prasarana dan layanan di KUA. Sebab, KUA adalah ujung tombak layanan. Sedikitnya ada 10 layanan di KUA, antara lain: nikah-rujuk, hisab rukyat dan pembinaan syariah, zakat-wakaf, manasik haji, dokumentasi sistem informasi, keluarga sakinah, kemasjidan, dan penerangan agama Islam.

“Sinergi dengan bupati akan terus ditingkatkan dalam rangka peningkatan layanan umat. Banyak program kemitraan antara Kemenag dan Pemda, dan itu terbukti efektif dalam peningkatan layanan,” tandasnya.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: