kemenag

Wamenag Canangkan Rumah Moderasi Beragama UIN Alauddin Makassar

Makassar (ikhlasberamalnews) — Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid mencanangkan rumah moderasi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Keberadaan rumah moderasi akan  mendukung pengarusutamaan moderasi beragama di lingkungan kampus.

“Peran UIN Makassar bisa menjadi pencerah dalam mengembangkan moderasi beragama, untuk mencapai titik temu setiap perbedaan dengan membangun dialog-dialog yang baik,” kata Zainut Tauhid Sa’adi di Makassar, Sabtu (10/10).

Pencanangan Rumah Moderasi Beragama ini digelar bersamaan Pembukaan Pekan Ilmiah dan Seni dalam Rangka Dies Natalis UIN Alauddin Makassar ke-55.

Zainut Tauhid mendorong UIN Alauddin Makassar segera menyusun rencana aksi dan program rumah moderasi agar bisa menjadi center of excellence.

“Ini menjadi rumah yang memberikan pencerahan bagi masyarakat. Saya mengajak semua civitas akademika UIN Alauddin Makassar untuk terus berani dalam mengembangkan moderasi beragama ditengah-tengah masyarakat,” ajak Zainut Tauhid.

“Mari bersama-sama tetap menjaga DNA Islam Wasathiyah yang menjadi ciri khas UIN Alauddin Makassar,” sambungnya.

Sebelumnya, Rektor UIN Alauddin Makassar Hamdan Juhannis melaporkan bahwa Dies Natalis UIN Alauddin Makassar ke-55 ini juga berlangsung virtual. Sejumlah profesor dan civitas akademika UIN Alauddin Makassar mengikutinya secara daring.

Hamdan menjelaskan bahwa UIN Alauddin Makassar mengusung Pancacita, yakni: prodi yang unggul, moderasi beragama yang mengakar, jejaring yang kuat, publikasi yang aktif, dan data yang terintegrasi.

“UIN Alauddin Makassar, tahun ini paling diminati pendaftar. Jumlah jurnal terakreditas terbanyak. Ini adalah informasi kuantitatif. Makna kualitatifnya adalah semangat keilmuan UIN Alauddin Makassar sangat kuat dalam penyebaran ide-ide ilmiah,” papar Hamdan.

“Terimakasih kepada semua Prodi yang telah menjaga kualitas jurnal-jurnal yang ada,” tambahnya.

Pencanangan rumah moderasi beragama ditandai dengan penandatanganan prasasti. Sementara Pembukaan pekan ilmiah dan seni ditandai dengan menabuh gendang.

Tampak hadir, Kakanwil Kemenag Sulsel Khaeroni, dan seluruh civitas akademika UIN Alauddin Makassar.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: