kemenag

Wamenag: Penyuluh Agama Harus Mencerahkan Masyarakat

Wamenag: Penyuluh Agama Harus Mencerahkan Masyarakat

  • Sabtu, 14 Maret 2020 11:08 WIB

Semarang (ikhlasberamalnews) — Menghadapi era keterbukaan informasi, para penyuluh agama memiliki peran yang signifikan dalam memberikan informasi keagamaan kepada masyarakat. Penyuluh harus mampu menyampaikan pengetahuan yang dimilikinya kepada masyarakat binaannya. 

Demikian disampaikan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid saat bertemu dengan 600an penyuluh agama di Semarang, Jawa Tengah. “Penyuluh harus dapat bertindak sebagai penetrasi agar masyarakat mendapat pencerahan,” tutur Zainut, Jumat (13/03). 

Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) menurut Wamenag merupakan ujung tombak Kementerian Agama dalam pembinaan umat. Ia pun menggarisbawahi kembali pentingnya peran penyuluh dalam membangun moderasi beragama.

“Penyuluhlah yang berhadapan langsung dengan masyarakat untuk itu, selain memahami moderasi beragama, penyuluh juga harus mampu meneruskan pemahamannya kepada masyarakat luas,” tegasnya. 

Pembinaan penyuluh agama yang mengusung tema “Membangun Moderasi Beragama Untuk Menangkal Radikalisme” ini juga dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen. Tampak hadir pula, Tokoh Agama, Pejabat eselon III pada Kanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah, Kakankemenag se Jateng, dan Kasi Bimas Islam se Jawa Tengah.

Senada dengan Wamenag, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga menyambut baik dan turut mendukung tercapainya masyarakat yang moderat di Jawa Tengah. Menurut Ganjar, penyuluh harus peka terhadap perkembangan zaman dan dapat menyesuaikan diri dengan berinovasi dan berkreasi.

“Jadilah Penyuluh yang kekinian, sehingga apa yang disampaikan akan mudah diterima dan  disenangi masyarakat,” ajak Ganjar

“Buatlah video penyuluhan yang menarik disesuaikan dengan issue-issue aktual, misal video tentang kebersihan dan dimasukan ayat-ayat pendukung,” imbuh Ganjar dengan antusias. (qq)


Sumber : Inmas Jateng

Penulis : Kontri

Editor : Indah Limy

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr