kemenag

Wapres dan Menag Pimpin Doa & Dzikir untuk Keselamatan Bangsa

Jakarta (ikhlasberamalnews) — Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan Menag Fachrul Razi malam ini memimpin Doa dan Dzikir Nasional untuk Keselamatan Bangsa secara daring, Kamis (16/04).

Gelaran dalam rangka mengajak masyarakat di seluruh Indonesia berdoa, berzikir, dan bermunajat agar pandemi Covid-19 segera berlalu ini diikuti sejumlah ulama dan keluarga besar Kanwil Kementerian Agama.

Hadir, antara lain Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar, KH Said Aqil Almunawar dan  KH Yusnar Yusuf.

Kementerian Agama selaku panitia juga mengundang seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut berzikir dan berdoa untuk kebaikan bangsa dengan mengusung tema ‘Bersimpuh Memohon Bebas dari Covid-19’.

Doa dan Dzikir untuk Keselamatan Bangsa diawali dengan pembacaan kalam Ilahi Surah Ali Imran oleh KH Yusnar Yusuf.

Menteri Agama Fachrul Razi dalam sambutannya mengatakan, hari ini, negeri tengah ditimpa musibah, Nusantara tengah berduka. Satu bulan lebih anak bangsa disibukkan untuk menangkal dan mengobati merebaknya Covid-19.

Menurut Menag bukan hanya sektor kesehatan yang terdampak, namun juga sektor-sektor lainnya. Ada banyak goresan luka yang timbul akibat merebaknya wabah ini.

“Kita benar-benar berduka, namun tetap optimis bahwa Allah tidak akan memberi cobaan di luar kesanggupan kita untuk memikulnya. Kita sangat sadar bahwa semua cobaan dan musibah itu datang atas ijin dan kehendak Allah, dan Ia juga lah yang kuasa untuk mencabut dan melenyapkannya,” kata Menag.

Selama ini, lanjut Menag, bangsa Indonesia telah bersungguh-sungguh berusaha untuk mencegah penyebaran dan melenyapkan wabah Covid-19. “Sejalan dengan perintah Allah bahwa Ia tidak akan mengubah nasib kita sebelum kita sendiri berusaha untuk mengubahnya:  Innallaha laa yughoyyiru maa biqoumin, hatta yughoyiruu maa bi anfusihim,” ujar Menag mengutip surah Ar-Ra’d.

“Namun, Ia juga menyuruh kita untuk berdoa, agar dikabulkanNya.Wa qaala rabbukum ud’uni astajiblakum,” kata Menag.

“Berusaha dan berdoa adalah dua perintah Allah yang harus terus kita lakukan dalam hidup ini, utamanya kali ini, dalam melenyapkan wabah Covid-19,” tandas Menag.

Doa dan Dzikir Nasional untuk Keselamatan Bangsa merupakan kerja bersama lintas Kementerian/Lembaga, mulai dari BNPB sebagai leading sector penangangan Covid-19, Setwapres, Kementerian Agama, Kemenkominfo, MUI, TVRI, dan lembaga-lembaga terkait lainnya. Acara doa dan dzikir dimulai sekitar pukul 19.30  WIB yang secara live di gelar di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat.

Gelaran ini juga disiarkan langsung oleh TVRI, serta live streaming dari medsos Kemenag, BNPB, dan MUI.

Dalam gelaran ini para ulama dari sejumlah daerah di Indonesia mengikuti zikir bersama. Mereka berzikir dari kediaman masing-masing dan ikut bergabung melalui aplikasi pertemuan daring dengan tetap menjaga physical distancing dan protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

Hadir mendampingi Menag, Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi, Plt Sekjen Kemenag Nizar, Sesditjen Bimas Islam Tarmizi Tohor, Stafsus Menag Ubaidilah dan Kepala Biro HDI Suhaili.

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: