kemenag

Wisuda 218 Mahasiswa, Dirjen Bimas Kristen Apresiasi Transformasi IAKN Manado

Manado (ikhlasberamalnews) — Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado menggelar wisuda secara luring dan daring. Prosesi wisuda ini diikuti 218 mahasiwa program sarjana dan pasca sarjana. Dirjen Bimas Kristen Thomas Pentury yang turut menghadiri prosesi wisuda secara daring menyampaikan apresiasinya atas transformasi yang telah terjadi di IAKN Manado. 

Thomas menilai, IAKN Manado dalam kurun waktu yang cukup pendek sudah mengalami lompatan yang cukup baik. Dari Sekolah Tinggi hingga bertransformasi menjadi Institut. “Dan Proses transformasi menuju Universitas sudah di depan mata,” kata Thomas Pentury, Kamis (17/12). 

Ia pun mengingatkan agar civitas akademika IAKN Manado terus berupaya melakukan terobosan-terobosan baru untuk peningkatan kualitas kampus yang lebih baik.

“Penyelenggaraan pendidikan mempunyai makna strategis. Dimana, pendidikan pada level paling tinggi adalah di Perguruan Tinggi, dalam perspektif formal. Namun demikian, proses pendidikan harus terus dilakukan sepanjang hayat,” kata Thomas Pentury.

“Selamat kepada seluruh wisudawan. Terimakasih kepada dosen yang telah mendidik mahasiswa, untuk semua kerja yang dilakukan. Dan terimakasih juga kepada tenaga kependidikan, secara adminsitratif mendukung proses ini. Terimakasih kepada orangtua mahasiswa yang mempercayakan IAKN Manado sebagai tempat menimba ilmu anak-anaknya,” tutup Thomas Pentury.

Dirjen Bimas Kristen Thomas Pentury saat memberikan amanat pada wisuda IAKN Manado melalui zoom (foto : istimewa)

Sementara Rektor IAIN Manado Jeane M. Tulung menyampaikan tantangan IAKN Manado ialah mempersiapkan sumber daya manusia yang andal, mampu bersaing di bidang sains dan teknologi. Oleh karenanya, Jeane menjelaskan salah satu langkah fundamental bagi IAKN Manado adalah mengembangkan fungsi lembaga pendidikan tinggi keagaman yang mampu mengintegrasikan iptek, seni, dan ilmu keagamaan dalam membentuk lulusan yang berkarakter kristiani yang kuat. 

“Ditengah arus globalisasi sebagai PTK satu-satunya di Sulawesi Utara, IAKN terus berupaya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dirinya dalam memikul tanggung jawab membangun SDM masyarakat,” tukas Jeane M Tulung

Selain itu, lanjut Jeane M Tulung, IAKN Manado terus meningkatan kualitasnya di berbagai sektor. Salah satunya dengan memberikan beasiswa kepada para dosen untuk melanjutkan studi. 

“Dan pada hari ini IAKN Manado mendapat tambahan delapan orang dosen yang menyandang gelar Doktor. Mereka adalah Dr. Semuel Selanno, M.Th., Dr. Deflita R.N. Lumi, S.PAK., M.Pd., Dr. Agnes Relly Poluan, Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.T., M.Pd., Dr. Farno B.A. Gerung, M.Th., Dr. Anita Inggrith Tuela, M.Th., Dr. Meily Meiny Wagiu, M.Th., Dr. Wolter Weol, S.Th., M.Pd,” tuturnya. 

Disampaikan Jeane M Tulung, 218 wisudawan terdiri dari ; empat orang Doktor dari Program Studi Pendidikan Agama Kristen; 16 Orang Magister dari Program Studi Pendidikan Agama Kristen; 13 Orang Magister dari Program Studi Teologi; 113 Orang Sarjana dari Program Studi Pendidiakan Agama Kristen; tiga orang Sarjana dari Program Studi Pendidikan Musik Gereja; 60 Orang Sarjana dari Program Studi Teologi dan sembilan orang Sarjana Program Studi Pastoral dan konseling.

 

Source link

About the author

Avatar

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

Twitter

Get Free $50 from vultr

%d bloggers like this: