Pendidikan Islam

Siswa MAN Insan Cendekia Jambi Borong Penghargaan Penulisan Jurnal Terbaik Balitbangda Provinsi Jambi

Jakarta (ikhlasberamalnews.com) – Prestasi kembali diraih oleh siswa/siswi MAN Insan Cendekia Jambi pada gelaran kompetisi Karya Tulis Ilmiah Remaja (LKIR) yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Jambi. Kompetisi ini dilaksanakan di gedung Balitbangda yang berada di dalam kompleks kantor gubernur Jambi pada 24 September – 26 September 2018. Pada gelaran ini, MAN Insan Cendekia Jambi mengirimkan 3 tim delegasi dan mendapatkan penghargaan berupa Juara 1, 2 dan 3 dalam penulisan jurnal terbaik dan juara harapan I dan juara harapan II pada pelaksanaan presentasi karya tulis.

Tim 1 atas nama Muhammad Adib Alfathin dan Nabil Makarim mengangakat isu kearifan lokal Orang Rimba dalam menjaga hutan menggunakan peraturan tidak tertulis dengan judul “Implikasi Seloko Rimbo sebagai Konvensi Orang Rimba dalam Upaya Pelestarian Hutan Taman Nasional Bukit Dua Belas Jambi”. Karya ini mendapat penghargaan berupa Juara I dalam penulisan jurnal dan Juara Harapan I pada presentasi karya.

Tim II atas nama Rafly Aulya Rizky Nasution dan Muhammad Ainul Falah Aditya Maturidi siswa kelas XII MIA yang mengangkat penelitian jenis Research and Development (R & D) tentang pembuatan rumah apung bagi masyarakat Suku Anak Dalam Jambi dengan judul “Mahaban : Alternatif Rumah Apung untuk Menangani Banjir dan Melangun bagi Bagi Masyarakat Suku Anak Dalam di Desa Muaro Medak, Kab. Muaro Jambi, Jambi”. Penelitian ini mendapatkan penghargaan Jurnal Terbaik II dan Juara Harapan II pada presentasi karya. Penelitian pengembangan ini menghasilkan bahwa masyarakat Suku Anak Dalam di Desa Muaro Medak disarankan untuk dibuatkan rumah apung sesuai dengan topografinya. Penelitian ini  divalidasi oleh Wijanarka, S.T, M.T (Dosen Universitas Palangka Raya) dan Dipl. Ing. Muammar Khamdevi, S.T, IAI (Dosen Universitas Matana, Banten).

Tim III atas nama Nadia Istiqomah dan Hanna Oktasya Ross mengangkat tema Boarding School dengan judul “Implementasi Boarding School Sebagai Upaya Pencegahan Perilaku Hedonis di Kalangan Remaja Kajian QS. Al-Hadid Ayat 20” menghasilkan temuan bahwa sekolah berbasis Boarding School mampu mencegah remaja berperilaku hedonis. Karena temuan ini, mereka mendapatkan penghargaan Jurnal Terbaik III dalam gelaran kompetisi ini.

Atas capaian ini, kepala MAN Insan Cendekia Jambi, Hendrisakti Hokvianus, S. Pd, M. Pd mengatakan bahwa saat ini madrasah memang sudah seharusnya memiliki peneliti muda yang mumpuni dibidangnya masing-masing. “Atas capaian ini tentu saja kami selaku Kepala Madrasah senang dan bangga. Saat ini sudah seharusnya madrasah memiliki peneliti muda yang mumpuni dan bidang research akan selalu kami dukung”, pungkasnya.

Pembimbing Kegiatan, Chairul Wahyudi, S. Pd menyampaikan bahwa prestasi ini tidak lepas dari dukungan seluruh civitas akademik MAN Insan Cendekia Jambi. Kedepannya pembinaan mengenai bidang penelitian akan terus dikembangkan melalui organisasi penelitian. “Untuk kedepannya, pengelolaan bidang penelitian akan diserahkan kepada organisasi penelitian dengan nama Student Research center (STUREC) MAN ICJ, guna hasil yang lebih maksimal lagi” ujarnya. Hal ini juga disampaikan oleh Maryana, M. Pd selaku pembina kegiatan juga mengharapkan ada komunitas Karya Ilmiah remaja agar pembinaan lebih optimal kedepannya. (cw/kfh)

Baca juga:

About the author

ibnews

ASN Fungsional Pranata Komputer Muda Pada Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (UKiS)

Add Comment

Click here to post a comment

smallseotools.com

Follow me on Twitter

%d bloggers like this: